SURAT KETERANGAN TANAH (SKT)



Berkaitan dengan pemerintahan atau surat resmi sudah tentu anda harus mengikuti prosedur yang ada. Sehingga pengetahuan mengenai bagaimana prosedur yang memang harus dilalui untuk mendapatkan surat tersebut sangat penting untuk dipahami.  Jangan sampai anda melakukannya secara sembarangan dan akhirnya bermasalah di tengah-tengah.

Saat ini SKT ini dikenal dengan SPT (Surat Pernyataan Tanah) sehingga anda jangan bingung ketika mendengar istilah tersebut. Sebenarnya SKT ini adalah surat kepemilikan tanah di bawah sertifikat. Sehingga memang ada baiknya jika anda memiliki keduanya sebagai langkah jaga-jaga jika diperlukan. Bahkan untuk mengurus surat lainnya terkadang juga dibutuhkan SKT ini sebagai dokumen pelengkapnya.

Anda bisa merasa tenang karena sampai saat ini untuk surat keterangan tanah atau surat pernyataan tanah tidak memiliki jangka waktu masa berlaku. Sehingga kapanpun pembuatan SKT nya jika anda ingin mengurus sertifikat tanah maka masih bisa digunakan. Namun terkadang yang menjadi kendala adalah justru pemilik tanah yang bingung dengan lokasi tanahnya. Kondisi ini disebabkan oleh adanya tangan jahil yang memindahkan patokan tanah sehingga membuat bingung pemiliknya.

Solusi yang paling tepat dilakukan adalah dengan melakukan pengukuran dan pengecekan ulang untuk memastikan ketepatan lokasi tanah tersebut. Memang akan sedikit merepotkan tetapi jika memang akan lebih aman maka sebaiknya dilakukan saja. Sehingga anda akan mendapatkan data dan patokan tanah yang jelas dan tepat serta dicantumkan dalam SKT tanpa perkiraan.

 

Persyaratannya:

  1. Fotokopy KTP pemilik tanah yang masih berlaku;
  2. Mengisi Formulir Surat Pernyataan Pemilikan Tanah dan Surat Pernyataan Tidak Bersengketa (telah disediakan);
  3. Mengisi Formulir Surat Gambar/Peta Tanah (telah disediakan);
  4. Melamirkan Surat Pernyataan Pembagian Harta Warisan Secara Damai yang asli (contoh terlampir) atau Surat Penetapan Harta Warisan yang dikeluarkan oleh Pengadilan yang asli;
  5. Materai Rp. 6000,- 2 (dua) lembar;
  6. Tanda Bukti Lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB);
  7. Lama waktu pengurusan 5 (lima) hari;

 



Dipublikasikan oleh : Admin Kelurahan Lau Cih
Pada : 14-07-2018 | 11:40 WIB


BERITA & INFORMASI LAINNYA

Prestasi Kelurahan yang diraih Kelurahan Lau Cih

PERESMIAN MENARA MASJID

Dinas Kominfo Kota Medan menggelar Ujian Negara Amatir Radio bagi para Camat, Lurah dan ASN

Senam Jantung Sehat

TRAINING MOTIVASI di Kelurahan Lau Cih



Kelurahan Lau Cih

JL.Bunga Sedap Malam VII, Medan Kota, 20132

Call us

082117589840

Layanan Pengaduan LAPOR
Pelayanan Informasi dan Dokumentasi Pemko Medan
SIPACELA
MRK
Pelayanan Perijinan
LPSE
Akte Lahir
STSE
E-Warnet
SIKD
SIMDA
Sirup